Cari Blog Ini

Kamis, 03 Februari 2011

Siapakah Orang-orang Yang Khusu'

Sesunguhnya sholat itu berat, kecuali bagi orang yang khusu'. Siapakah orang yang khusu'? Mereka orang yang khusu' itu adalah orang-orang yang dalam hidupnya menghadapkan dirinya kepada Alloh dan kembali menuju Alloh.

Jadi kalau mau melihat seseorang sholatnya kusu' atau tidak lihatlah apakah dalam kesharian hidupnya selalu sungguh-sungguh hanya untuk Alloh, di jalan Alloh.

Ternyata khusu bukan hanya dalam sholat, tetapi dalam sepanjang kehidupannya. Orang yang dalam setiap tarikan nafasnya tidak khusus, pasti akan sulit mencapai khusu dalam sholat.

Karena memang sholat itu miniatur kehidupan.Berdiri adalah simbol hormat, yaitu dalam hidup harus selalu sadar selalu menghormati keberadaan Alloh dan aturanNya.Ruku adalah simbol taat, yaitu dalam hidup harus selalu mentaati aturan-aturan Alloh.Sujud adalah simbol tunduk, yaitu dalam hidup hanya tunduk kepada Dzat Alloh, hanya menyembah Alloh.Ada juga yang memaknai, sujud pertama maknanya dalam hidup harus sadar bahwa ruh dirinya berasal dari Alloh, jasadnya berasal dari tanah/bumi yang disujudi. Dan sujud kedua dalam hidup harus sadar bahwa ruh diriya akan kembali kepada Alloh dan jasadnya akan kembali ke bumi juga.

Duduk, simbol ketenagan. Yaitu bahwa dalam hidup akan mencapai ketentraman jika menyadari bahwa kemulyaan hidup, keberkahan hidup, kehormatan hidup, kebaikan hidup adalah milik Alloh. Menyadari bahwa keselamatan, kesejahteraan dan keberkahan telah dilimpahkan kepada para Nabi, khususnya Nabi Muhammad SAW. Dan juga harus sadar bahwa yang akan menrima keselamatan kesejahteraan adalah orang-orang yang sholih bukan yanglain.

Salam ke kanan, bermakna dalam hidup kita musti berbuat keselamatan untuk ahli kebaikan, membantu orang-orang yang baik untuk melakukan kebaikannya.

Salam ke kiri, bermakna bahwa dalam hidup musti berbuat keselamatan juga kepada orang-orang yang masih bergelimang maksiat dan dosa. Mendoakan agar Alloh memberikan rohmat untuk bertaubat dan meninggalkan maksiatnya dan kembali ke jalan Alloh.

Smoga kita bisa menjaga dan beriusaha khusu dalam hidup kita.

Alhamdulillahi robbil'alamin

Wasalamu ala manit taba alhudaWasalamu alakum wr wb.

Her Budiarto 

19 September 2010 jam 6:10

Tidak ada komentar: