Cari Blog Ini

Jumat, 10 Desember 2010

Menjadi Orang Yang Sadar Diri

oleh Her Budiarto pada 17 Oktober 2010 jam 0:09

Gajah dipelupuk mata tak tampak, kuman disebrang lautan tampak. Kata pepatah patut direnungkan, karena banyak orang yang suka sekali menilai orang lain, terutama menilai kekurangan orang lain , keburukan orang lain. Tetapi tak mau melihat apa kekurangan dirinya sendiri. Melihat saja tak pernah apalagi menyaari kekurangan diri. Inilah penyakit manusia yang paling banyakdan mudah berjangkit.

Teringat saya akan mutiara hkmah dari Sang sufi, bila kamu bertemu anak muda dan kemudian terlihat oleh mu berbuat maksiat maka pandanglah secara positip dan lihatlah ke dalam diri....diri sudah tua, hanya ada sedikit waktu lagi untuk berbuat ta'at pada Alloh, sementara anak muda itu masih jauh umurnya bisa jadi nanti diusia tuanya dia bertobat dan menjadi orang yang sholih. Bila bertemu orang yang sudah tua, kemudian terlihat oleh ia bermaksiat kepada Alloh maka pandanglah kedalam diri....saya masih muda, iya sekarang masih dalam ketaatan, siapa tahu kita tergoda dimasa tuanya....smoga saja orang tua itu bertaubat sebelum ajal tiba dan saya berdoa smoga saya di-istiqomahkan dalam taat sampai akhir hayat.

Orang yang Sadar diri adalah orang yang selalu melihat segala kejadian di depan mata/yang dialami selalu dijadikan pelajaran diri, untuk memperbaiki diri, bukan berharap orang lain yang berbuat baik, atau memperbaiki diri, tetapi dia lebih dulu melakukan perubahan ke arah kesolihan diri pribadi

Tidak ada komentar: