Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 21 April 2008

Madu Lebah dan Khasiatnya

Madu Melawan Bakteri Dalam Tubuh
Tanggal Publikasi : Selasa, 11 Maret 2003 11:33:09

Satu lagi dari sekian banyak khasiat madu yang ditemukan. Peneliti dari University of Waikato di New Zealand menemukan satu lagi khasiat madu. Dalam penelitiannya, madu diyakini mampu melawan bakteri merugikan yang berkembang dalam tubuh. Dari dulu memang madu dipercaya dan dijadikan salah satu sarana penyembuh. Tapi selama itu orang-orang yang menggunakan madu tak pernah tahu apa sebenarnya khasiat madu dan apa yang terkandung dalam madu. Di dalam setetes madu terdapat semacam antiseptic, glukosa steril, hydrogen peroxide dan banyak lagi. Zat-zat yang terkandung dalam madu mampu melawan dan membersihkan bakteri pada bagian tubuh yang sedang terinfeksi. Madu juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak pada gigi. Mencitai madu ternyata bisa diartikan mencintai kesehatan kita sendiri. (her/arcamax-eramuslim)


Minum madu setelah berolahraga
Apa yang ingin anda minum sesudah menjalani latihan yang cukup berat dan lama ? Air putih, teh gula hangat atau dingin, minuman bermineral khusus olahraga, minuman ringan penambah energi, minuman coklat atau yang lainnya. Biasanya orang cenderung minum air gula untuk menggantikan energi yang hilang. Mengapa anda tidak mencoba madu yang lebih alami?
Ya, benar - madu. Para peneliti di University of Memphis menemukan bahwa sedikit madu setelah latihan yang berat dapat membantu tubuh memulihkan stamina dan menjaga kadar gula darah.
Penelitian lebih awal telah menunjukkan bahwa protein digabung dengan karbohidrat dapat membantu mengembalikan energi otot setelah latihan yang berat dan membantu memperbaiki respon tubuh keseluruhan secara keseluruhan terhadap olahraga, khususnya latihan seperti mengangkat beban, lari, aerobik dan olahraga yang berkompetisi.
Pada penelitian, 39 pria disuruh berlatih beban berat dan atlet wanita menjalani latihan mengangkat beban selama berjam-jam. Kemudian dengan segera mereka mengkonsumsi suplemen protein dicampur dengan salah satu bahan berikut : gula - maltodekstrin, suatu karbohidrat kompleks; atau madu dalam bentuk bubuk.
Hanya kelompok yang mendapat kombinasi protein-madu menunjukkan kadar gula darah yang optimal dalam waktu 2 jam setelah latihan. Para atlet yang mengkonsumsi madu juga menunjukkan kadar hormon yang lebih membantu untuk pemulihan otot.
Jadi ada apa di dalam pemanis alami yang menghasilkan pengaruh ini? "Kami pikir karena madu adalah campuran yang terjadi secara alami dari gula-gula sederhana dan kompleks, maka memungkinkan pelepasan karbohidrat secara lebih perlahan," kata Dr. Richard Kreider. Pelepasan karbohidrat yang lebih perlahan setelah berlatih berat berarti lebih mudah untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal.
Dr. Kreider mengatakan penemuan-penemuan ini hanya berlaku pada orang yang terlibat dalam bentuk latihan fitness, yang mana latihannya cenderung berlangsung antara 30 menit sampai satu jam atau lebih lama. Ia menambahkan bahwa madu biasa yang ditemukan dalam toko juga akan efektif. Penelitian ini didanai oleh National Honey Board dan dipresentasikan pada pertemuan National Strength and Conditioning Association di Orlando, Florida.

Tidak ada komentar: